Hutan Pinus Pinggir Jalan Raya Cikole



Sebenarnya, sebelum tujuan ke De’Ranch. Aku sudah jalan-jalan ke tangkuban perahu, yaaa mungkin tak asing lagi. Cerita legenda Sangkuriang sangat melekat dengan tendangan perahu setengah jadi akibat kekesalan Sangkuriang terhadap Dayang Sumbi karena tak mau dinikahi. Tak berlama lama saya disana langsung meninggalkan lokasi dan caoba cari wisata lain. Sebelumnya sudah di rencanakan ke Kebun Begonia.

pintu masuknya nih ke kebun Begonia


Saat keluar dari hawa berbau belerang itu, saya melihat kanan-kiri sepanjang perjalanan dan banyaknya pohon-pohon pinus. Kesannya seperti di film Twilight, banyaknya pohon-pohon terkesan romantis tapi gak horor. Setelah hanya puas melihat pohon pinus, ternyata ada juga wisatanya yang baru di buka sekitar lima bulan yang lalu “PAL 16 Wisata Hutan Pinus Cikole”.

Lokasi yang persis dipinggir hutan Jalan Raya Cikole, jika kita kearah Tangkuban Perahu posisi sebelah kanan. Dengan biaya yang terjangkau hanya 5000 rupiah, dan jika mau menyewa ayunan tali juga dikenakan dari harga 10000 rupiah sampai 15000 rupiah. Harga tali ayunan berbeda karena pemilik stiap ayunan berbeda makanya harganya pun berubah. Kita juga bisa menyewa gazebo, dan juga terdapat warung-warung kecil menghiasi yang menjual souvenir khas Bandung.

sama papa tercinta dan kakak menikmati sejuknya Bandung di Hutan Pinus PAL 16

lagi akur nih sama papa dlu terakhir foto di alam lepas gini pas kecil


Papa saya sangat senang dengan ayunan tali. Tapi gak kesampaian beli karena mau dipasang dimana? Kan dirumah pohon udah ditebangin hihihihi. Nah, buat kalian yag mau membeli ukuran kecil sekitar 75000 rupiah, dan yang besar bisa sampai 150000 rupiah. Cocok buat yang punya rumah dengan pemandangan atau design alam.

Kalau tak mau menyewa fasilitas yang ada. Kalian bisa membawa tikar dan makanan sendiri tanpa membuang sampah sembarangan, sambil menikmati udara dinginnya dan sejuk dibawah pohon pinus, dengan membayar tiket masuk saja. Berhubung belum lama dibuat wisata ini, masih jarang wisatawan mampir. Tapi khusus lowbudget sangat pas untuk berkunjung melihat rindangnya pohon pinus di Cikole. 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ditemani Empat Lagu Galau Ini - Hits Jelang Akhir 2016

Ubah Citra, RSJSH Menjadi Tempat Untuk Sehat

Resensi Novel Islami (Insya Allah Sah! - Achi TM)